Kamis, 24 Desember 2015

GAGAHNYA GUNUNG MERAPI


9 tahun yang lalu untuk pertama kalinya saya mendaki Gunung Merapi , pada saat itu usia saya bisa dibilang masih muda , saat itu saya dan teman - teman untuk pertama kalinya mendaki Gunung Merapi , setelah Gunung Slamet dan Gunung Semeru berhasil kami sambangi.

Perjalanan ini kami mulai dari Stasiun Pasar Senen - Yogyakarta , saya memlih tujuan ke Yogyakarta agar usai dari pendakian bisa melipir dan jalan - jalan di Malioboro heheheh.... 

Untuk melakukan pendakian ke Merapi sebenarnya selain dari Yogyakarta , bisa juga ambil tujuan ke Semarang kemudian melanjutkan ke arah Selo Boyolali ,


PENDAKIAN GUNUNG MERAPI VIA SELO


Sebelum Naik Ke Merapi/ Merbabu baiknya laporan ke Polsek Selo


BASECAMP GUNUNG MERAPI VIA SELO

Basecamp ini sering disebut dengan panggilan Basecamp Barameru , letaknya yang tepat dibawahkaki Gunung Merapi ini sering dikunjungi oleh para pendaki yang ingin mendaki atau sekedar beristirahat. Di Basecamp ini pula tempat registrasi Naik Turunya pendaki.

Basecamp Barameru (Dok : +Bijak Cendekia Soekarno ) 

Basecamp – New Selo (30 menit)
Dari basecamp kita akan jalan menanjak jalanan aspal menuju New Selo yang lumayan menguras tenaga. New Selo adalah tempat penanda masuk Taman Nasional Gunung Merapi.

New Selo

New Selo – Pos I (2-3jam)
Dari New Selo menuju Pos 1 kita akan disuguhi perjalanan yang lumayan sejuk , dan akan melewati perkebunan milik warga , tak jarang pula kita akan melihat pemandangan para pencari rumput dengan menggunakan sepeda motor disepanjang jalur perkebunan warga.

Sebelum POS I kita juga akan menemui Gerbang Selamat Datang di Pendakian Gunung Merapi dan ada sebuah shelter untuk beristirahat sebelum melakukan trek selanjutnya yang tentunya akan sedikit menguras tenaga kita karena trek akan berubah menjadi batu - batuan besar.

Shelter di Gerbang Selamat Datang Pendakian Gunung Merapi

Pos I – Pos II ( 1-2 jam)
Menuju ke POS II jalur yang akan kita lalui akan semakin ekstrim , tak jarang kita melewati batu - batu besar dan menanjak , jangan lupa tetap perhatikan langkahmu karena jurang yang berada di kanan dan kiri anda siap menyambut jika kalian lengah. Dan biasanya pendaki juga mendirikan tenda sebelum melakukan pendakian selanjutnya.

POS I Watu Belah - Gunung Merapi
Sebelum Menuju POS II kita akan menjumpai Tugu ini
Tugu sebelum POS II
Sunrise di POS II
In Memoriam di POS II

Pos II – Watu Gajah (1jam)
Selain lokasi di POS II yang cocok untuk mendirikan tenda , di Watu Gajah juga lokasi yang tepat untuk mendirikan tenda dengan berhiaskan pepohonan yang rimbun.

Watu Gajah view Puncak Garuda yang melegenda

Watu Gajah – Pasar Bubrah (30 menit)
Inilah yang disebut dengan Pasar Bubrah , lokasi untuk mendirikan tenda yang terdekat dengan Puncak Garuda , lokasi yang sering disebut - sebut dengan Pasar Setan ini , konon katanya kita akan mendengar suara - suara seperti di pasar dengan kegiatan jual beli. Lokasi ini didominasi oleh bebatuan besar - besar dan kerikil.

Batu besar di Pasar Bubrah 
Pasar Bubrah view Puncak Garuda yang melegenda
In Memoriam di Batas Pendakian Pasar Bubrah

Pasar Bubrah – Puncak Merapi (2 jam)
Jalur yang menantang dari Pasar Bubrah menuju Puncak Garuda dengan kondisi yang sangat curam dengan kemiringan 40 - 50 derajat membuat kita harus lebih ektra berhati - hati jika ingin sampai ke Puncaknya.

Dan sampailah kita di puncak Merapi. Dahulu gunung Merapi memiliki puncak bernama Puncak Garuda. Namun letusan besar tahun 2010 menghancurkan semuanya , menghancurkan Puncak Garuda yang sangat legendaris itu dan hanya menyisakan bebatuan saja.

Kini menurut cerita yang saya dengar Puncak Merapi / Puncak Garuda telah berganti nama menjadi Puncak Tusuk Gigi . Ada rasa kerinduan yang teramat dalam jika kita melakukan pendakian ke Gunung Merapi , Puncak Garuda yang dulu sempat saya lihat dan sentuh kini telah tiada , saya merasakan pula kesedihan yang dialami para pendaki - pendaki tua yang sempat mengalami berdiri di Puncak Garuda.

Walaupun kini telah berubah namun bagiku dan bagi para pendaki tua yang lainya Puncak Garuda akan tetap menjulang tinggi di Sanubari - Pikiran dan Kenangan.

View Jalur dari Puncak Garuda

                           GALERI GUNUNG MERAPI VIA SELO

































Tidak ada komentar:

Posting Komentar