Minggu, 27 Desember 2015

SANG PENOLONG BERPARAS CANTIK ITU BERNAMA .. CANTIGI !!

Dia mungkin tidak setenar saudari sekandungnya yang lebih dikenal banyak orang , dari mulai orang yang "berpengalaman" maupun yang "tidak berpengalaman" .

Dia juga tidak banyak disebut - sebut oleh orang yang melangkah di depannya , Seolah dia terlahir sebagai yang terabaikan , tak jarang pula dia mendapatkan perlakuan yang tak tak senonoh.

Namun itulah dia ... dia lebih memilih untuk berdiam diri di jalur Vegetasi menjelang Puncak  , kadang juga dia juga memilih tinggal di Puncak Gunung berdampingan dengan saudari kandungnya , namun ketika orang - orang sudah berada di Puncak , dia pun terlupakan , dia masih kalah populer dibandingkan dengan saudarinya yang cantik dan sering di puja - puji oleh siapa saja yang mendengar dan melihatnya .

Nama aslinya adalah Vaccinium Varingiaufolium namun walau nama aslinya begitu cantik , orang - orang yang mampu dan mau memahami karakternya pasti lebih suka memanggilnya dengan sebutan CANTIGI / MANIS REJO.

Bagi yang telah mengenal CANTIGI , pasti akan selalu menghormati dan menjaganya layaknya mereka menjaga saudari sekandungya yaitu EDELWEISS . CANTIGI adalah nama sebuah pohon yang hanya hidup di jalur Vegeasi dan bahkan ada yang hidup di atas Puncak .

Cantigi mempunyai akar yang sangat kuat dan bisa untuk berpegangan pada saat mendaki maupun turun , dan bisa juga untuk berlindung ketika mengalami Badai di Gunung , Cantigi sangat kuat menghadapi asap belerang dan tanah kawah yang beracun , sehebat apapun badai dan panas terik yang menghujamnya , Cantigi tetap menolong bagi siapa saja yang membutuhkan bantuanya.
Buah dan Daun Cantigi juga dapat membantu para pendaki jika seandainya mereka tersesat , padahal diatas sana kurang asupan nutrisi , namun Cantigi menghasilkan Buah yang dapat menyambungkan nyawa pendaki yang ditunutu untuk SURVIVAL.

Dan bagi yang belum pernah mengenal Pohon Cantik yang bernama CANTIGI ini berikut ciri - cirinya berdasarkan riset pribadi dan didukung dari berbagai sumber terpercaya :

1) Daunnya tebal dan kecil
2) Mempunyai warna Hijau - Merah dan Ungu dengan batangya yang berwarna coklat
3) Buah pada tanaman cantigi berwarna hitam dan berbentuk bulat seperti beri
4) Pohonnya tumbuh berupa pohon kecil atau semak bercabang-cabang dengan satu batang
5) bunganya seperti bunga anggrek berwarna merah.

CANTIGI juga mempunyai mamfaat bagi kesehatan kalian , itulah yang saya baca dari berbagai sumber yang terpercaya, berikut uraianya :

1)  Membuat awet muda
Cantigi  memiliki kandungan berupa  antosianin yang merupakan antioksidan sehingga bisa membuat awet muda, terutama pada buahnya yang berwarna gelap. Karena sistem kerja daun cantigi adalah mengeluarkan racun-racun atau toksin sehingga jika tubuh bebas racun membuat aura seseorang terpancar.
Cara penggunaannya dengan merebus daun cantigi, lalu diminum secara rutin maka akan membuat wajah menjadi awet muda dan kencang.

2) Mengatasi  keriput halus
Cara penggunaannya dengan mengambil beberapa daun cantigi yang tumbuh di tepi laut Pantai Selatan Serang, kemudian dicuci hingga bersih dan direbus dengan air sebanyak tiga gelas, hingga mendidih. Setelah mendidih, lalu didiamkan hingga airnya menjadi hangat, kemudian disaring.
Mengatasi kulit keriput juga bisa dilakukan dengan mengoleskan cairan yang bersifat pengelupasan kulit, membuat kulit mati dan menggantinya dengan kulit baru. Sesudah itu, cairan tersebut akan merangsang bantalan kulit untuk tumbuh menjadi lapisan kolagen, sehingga kulit terisi dan terlihat awet muda.

3) Untuk menyembuhkan luka, bengkak, terbakar, nyeri dan bisul
Cara penggunaannya dengan menyediakan daun cantigi yang segar, kemudian dikeringkan dan dijadikan bubuk yang dipakai sebagai astringent, lalu tempelkan pada luka.

4) Sebagai obat  analgesik, antiradang, spasmolitik, antivirus dan agen hipotensif, serta gangguan lambung
Cara penggunaannya dengan merebus daun cantigi hingga matang,  air cantigi akan berbuah menjadi warna kemerahan seperti air teh. Rebusan air daun cantigi ini diminum dua kali sehari, pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur, sebaiknya dilakukan sesudah makan, agar tidak menimbulkan masalah pada perut. Jangan khawatir akan rasa pahit, karena air rebusan ini tidak berbau dan terasa hambar di lidah.

Semoga Edelweiss dengan Bunga Abadinya atau Pohon Cantigi dengan segala mamfaat dan kecantikanya bisa menyadarkan aku , kamu , kalian dan mereka agar bisa turut andil dalam menjaga - merawat - memelihara - melindungi sala satu flora milik Bangsa ini , Mari bersama - sama kita bersatu padu untuk tidak merusaknya karna pada dasarnya semua yang ada di muka bumi ini butuh hidup seperti juga aku , kamu , kalian dan mereka. Salam Lestari !!

Foto dibawah ini adalah penampakan - penampakan dari Pohon Cantigi dari berbagai macam sumber yang terpercaya.

*****

GALERI FOTO 
             "CANTIGI SI CANTIK YANG GEMAR MENOLONG"


Pohon Cantigi dengan akar yang menghujam tanah dengan kuatnya
Daun dari Pohon Cantigi
Daun dari Pohon Cantigi
Cantiknya Daun Cantigi
Cantigi yang Merah Merona
Buah dari Cantigi yang bisa kita konsumsi jika sedang darurat
Buah yang cocok untuk dimakan jika kalian sedang SURVIVAL
Salah satu Pendaki yang begitu Peduli dengan Cantigi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar