Senin, 25 April 2016

TJOKROAMINOTO : GURU PARA PEMIMPIN BANGSA .


Raden Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau yang lebih dikenal dengan nama H.O.S Tjokroaminoto adalah Seorang pemimpin salah satu Organisasi yang bernama Sarekat Islam. Beliau lahir di Tegalsari - Ponorogo pada tanggal 16 Agustus 1882 .

H.O.S Tjokroaminoto
H.O.S Tjokroaminoto

Tjokroaminoto adalah anak kedua dari 12 bersaudara dari ayah bernama R.M Tjokroamiseno (salah satu pejabat pemerintahan pada saat itu) Kakeknya R.M Adipati Tjokronegoro pernah juga menjabat sebagai Bupati Ponorogo.

De Ongekroonde van Java (Raja Jawa Tanpa Mahkota) bernama Tjokroaminoto adalah salah satu pelopor pergerakan di Indonesia dan kerap kali disebut sebut sebagai Guru para pemimpin  - pemimpin besar di Indonesia. 


Di sebuah jalan kecil bernama Gang Peneleh VII bernomer 29 - 31 di tepi sungai Kalimas - Surabaya itulah rumah Tjokroaminoto berada , Setelah menjadi pemimpin SI (Sarekat Islam) tang anggotanya 2,5 juta orang , Tjokroaminoto yang saat itu berusia 33 tahun tidak memiliki pengahasilan lain , kecuali dari rumah kos yang dihuni 10 orang , dimana setiap penghuni kos membayar sebesar Rp 11 perak. Tokoh Muhammadiyah (K.H Ahmad Dahlan dan K.H Mas Mansyur) sering bertukar pikiran di rumah tersebut. Bahkan Tan Malaka (Tokoh yang pertama kali menolak untuk tunduk kepada Belanda) pernah berguru kepada Tjokroaminoto.

Logo Sarekat Islam
Gedung Sarekat Islam di Semarang
(Koleksinya : yunantyoadi.wordpress.com )
Gang Peneleh
( Koleksinya : www.artebia.com )
Rumah H.O.S Tjokroaminoto
(Koleksinya : sahabatmkaa.com )
Papan Bangunan Cagar Budaya
(Koleksinya : geospotter.org )
K.H Ahmad Dahlan
K.H Mas Mansur
Tan Malaka

Diantara murid - murid dan penghuni kos di rumah Tjokroaminoto adalah :
  1. Soekarno (Bung Karno)
  2. Semaoen
  3. Alimin
  4. Musso
  5. Kartosoewirjo
Dari berbagai muridnya yang paling beliau sukai adalah Soekarno (Bung Karno) , hingga akhirnya Soekarno dinikahkan dengan anak pertama Tjokroaminoto yang bernama Siti Oetari (Istri pertama) , namun kelak di kemudian hari Soekarno mengembalikan Siti Oetari kepada Bapak Kos - Guru Bangsa sekaligus Mertua nya tersebut.

Soekarno (Bung Karno)
Semaoen
Alimin
Musso
Kartosoewirjo
Siti Oetari (Tua) putri dari Tjokroaminoto
(Istri pertama Bung Karno)

Pesan beliau kepada murid muridnya ialah "Jika kalian ingin menjadi Pemimpin besar Menulislah seperti Wartawan , dan bicaralah seperti Orator" , perkataan dari beliau inilah yang rupanya telah membius murid - muridnya , sehingga Soekarno rupanya diam - diam berteriak setiap malam di kamarnya belajar berpidato seperti Tjokroaminoto , kejadian inilah yang membuat para sahabat nya seperti Musso  - Alimin dan Kartosuwirjo terbangun dari tidurnya dan tertawa melihat kelakuan Soekarno pada saat itu.

Namu siapa sangka dari sebuah rumah kos di sebuah jalan yang bernama Gang Penelah itulah kelak akan lahir para pemimpin bangsa , kelak mereka semua akan menjadi tokoh pergerakan kemerdekaan dan pemimpin bangsa , dengan memilih jalan , paham dan Ideologi nya masing - masing .
  1. Soekarno (Bung Karno) : Mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI)
  2. Semaoen - Alimin dan Musso : Menjadi tokoh tokoh utama Partai Komunis Indonesia (PKI)
  3. Kartosoewirjo : Menjadi Pemimpin Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII)
Kelak dikemudian hari , para Alumni Gang Peneleh itu akan berselisih paham dengan keadaan politik pada saat itu , hingga akhirnya mereka saling berhadap - hadapan. 

Salah satu Trilogi yang termansyur dari Tjokroaminoto adalah "Setinggi - tinggi Ilmu , Semurni - murni Tauhid , Sepintar - pintar Siasat" . Ini menggambarkan suasana perjuangan Indonesia pada masanya yang memerlukan tiga kemampuan pada seorang pejuang kemerdekaan. 

Pada tanggal 17 Desember 1934 , H.O.S Tjokroaminoto tutup usia di usianya yang ke 52 tahun , dan dimakamkan di TPU Pekuncen Yogyakarta. Tjokroaminoto meninggal dunia setelah jatuh sakit usai mengikuti Kongres Sarekat Islam di Banjarmasin .

Makam Tjokroaminoto
(Koleksinya : ajidedim.wordpress.com )




SEBUAH FILM TJOKROAMINOTO : GURU BANGSA 
KARYA SUTRADARA GARIN NUGROHO

                                         

Catatan : 
Cerita dan Hasil foto diambil dari berbagai macam sumber yang terpercaya


== TJOKROAMINOTO : GURU PARA PEMIMPIN BANGSA ==







Tidak ada komentar:

Posting Komentar